Gubernur Buka Peda KTNA Aceh

BANDA ACEH - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, secara resmi membuka Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Aceh 2016 di area Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya, Banda Aceh, Sabtu (23/7). Pembukaan Peda KTNA Aceh 2016 ditandai pemukulan rapa-i oleh Gubernur Aceh didampingi Menteri Pertanian RI diwakili Staf Ahli Bidang Lingkungan Ir Mukti Sarjono MSc dan Sekjen KTNA Nasional Ir M Yadi Sofyan Noor SH.

Menurut Zaini, Peda KTNA 2016 ini sebagai ajang silaturahmi serta untuk memotivasi segala sektor pertanian dan perikanan untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Aceh.

Selain menggelar pameran, ajang KTNA juga dirangkai dengan temu profesi, temu petani ASEAN, temu sukses petani, nelayan, dan penyuluh, rembuk kontak tani dan nelayan, temu karya, temu teknologi, peragaan, dan unjuk ketangkasan.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Ekspo Ternak. Ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Aceh untuk memajukan sektor peternakan.

“Harapan kami, kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sehingga semangat dan komitmen kita dalam membangun sektor peternakan Aceh dapat terus meningkat,” harap Gubernur.

Doto Zaini juga mengatakan, tahun 2017 Aceh merupakan tuan rumah pelaksanaan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XV yang akan diikuti oleh 34 provinsi di Indonesia.

Penetapan Aceh sebagai tuan rumah Penas KTNA XV 2017 berdasarkan musyawarah yang digelar di Pendapa Agung, Malang, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Disebutkan Zaini, Aceh unggul dari kandidat lain yaitu Provinsi Sumatera Barat di mana Aceh memperoleh 21 suara sedangkan Sumatera Barat 13 suara.

Amatan Serambi, area expo ternak merupakam area yang paling dipadati pengunjung Peda KTNA sejak diresmikan, kemarin. Ekspo ternak menampilkan sapi Aceh yang merupakan bagian dari upaya Pemerintah Aceh untuk memajukan sektor peternakan.

Sementara di luar area stand pameran dan expo, Stadion Lhong Raya juga mulai dipadati oleh pedagang keliling dan kaki lima serta aneka hiburan anak-anak.(avi)

 

Sumber: http://aceh.tribunnews.com/